Senin, 30 Agustus 2010

Membebaskan diri dari rasa terbebani

Banyak orang yang merasa kewalahan - baik dari pekerjaannya yang terlalu banyak, kewajiban, atau dari kegiatannya sehari-hari.


Langkah pertama untuk mengurangi rasa terbebani adalah fokus pada apa yang dapat anda kontrol. Menurut Steven Covey hal-hal tersebut adalah:

- Sikap
- Kualitas pekerjaan
- Apa yang anda lakukan setiap hari
- Apa yang anda makan dan minum
- Memberikan yang terbaik untuk orang yang anda cintai, kolega, teman dan kenalan


Dengan menempatkan fokus pada hal-hal yang dapat anda kendalikan, rasa terbebani akan menjadi berkurang. Kebanyakan kasus timbulnya perasaan terbebani yaitu karena seringnya mengabaikan hal yang dapat kita kendalikan dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk fokus pada yang tidak dapat kita kendalikan.




Hal yang tidak dapat kita kendalikan dapat berupa:

- Bagaimana orang lain bereaksi terhadap anda
- Bagaimana orang lain menikmati situasi
- Apakah orang lain suka atau menghargai pekerjaan anda
- Sesuatu yang terjadi dalam berita (kecuali jika anda terlibat)
- Bagaimana orang lain memperlakukan anda

tidak ada maksud menyiratkan bahwa anda harus mengubur kepala dalam pasir dan mengabaikan segala sesuatu yang terjadi di sekitar. Sebaliknya, saya menyarankan agar anda menempatkan fokus pada apa yang dapat dikendalikan dan tidak membiarkan hal-hal di luar lingkaran pengaruh anda menyebabkan kekhawatiran. Mengkhawatirkan hal-hal di luar kendali sangatlah membuang waktu dan energi.

Lalu solusinya ?

Bila anda merasa terbebeani, bernafaslah dalam-dalam 10 kali, rasakan nafas secara perlahan dan tanyakan pada diri sendiri hal apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasi situasi yang membebani tersebut, dari hal tersebut mungkin diri anda akan menemukan sebuah solusi atau terinspirasi untuk membantu teman, tetangga atau terlibat dalam kegiatan sosial, atau anda menggunakan senyuman untuk situasi di luar kendali tersebut.
Kembali lah fokus pada apa yang anda lakukan , dengan memperhatikan segala sesuatu pada apa yang dapat dilakukan dan hal-hal yang anda hadapi.

Setiap kali anda merasa terbebani, kembali ke langkah 1. Jadikan ini kebiasaan baru dengan melakukannya berulang-ulang. Dengan melakukan ini, Anda mengubah sistem neuron di otak, dan tidak lagi terbiasa khawatir dan merasa kewalahan, anda akan fokus untuk menjadi yang terbaik dan melakukan pekerjaan yang terbaik.


Hasilnya akan sangat berdampak besar. Seluruh hidup anda akan meningkat - hubungan anda akan menjadi lebih kuat dan lebih menyenangkan, serta akan lebih sukses dalam pekerjaan yang anda lakukan.

written by:
Jacqueline Ryan Brodnitzki, RYT memimpin program pengurangan stres dan efektivitas tim. Sebagai pelatih dia membantu klien untuk lebih tenang, mengurangi stres dan meningkatkan efektivitas dan keberhasilan di tempat kerja dan di rumah. sumber: http://www.conscioussuccess.net

Translatted by : Me
biggrin

0 komentar:

Posting Komentar