Selasa, 01 Juni 2010

Lucid Dream

" a dreAm CoMEs wHen We sleep, SoMEtimeS BeAutiful , sAd, or a niGhtmare, but wHat if you wEre aWare in your drEams ... and create your own world .. YoUr OwN Parallel World "

Sebagian besar orang akan melupakan mimpinya disaat terbangun. Tapi terkadang ada juga yang ingat dengan persis bagaimana mimpinya.

Kebanyakan sih mimpi yang terlalu fantasi, seperti mimpi perang dengan robot, atau menjadi bintang sepak bola dunia. Aneh memang , tapi terkadang semuanya terasa begitu nyata iya kan?

tapi bagaimana kalo km bisa sadar dalam mimpimu dan mengontrol sesukanya?


yEAh it`s true..


believe it or not, ternyata banyak orang yang telah mengalami sadar dalam mimpi atau lebih dikenal dengan "Lucid Dream"


Lucid Dream menurut wikipedia adalah fenomena dimana seseorang sadar bahwa dia sedang bermimpi dan ketika seseorang sadar akan mimpinya itu, maka ia bisa berpartisipasi dan bahkan memanipulasi jalannya mimpi tersebut. Istilah ini diperkenalkan oleh psychiatrist Frederik van Eeden (1860-1932)

Lucid Dream banyak diteliti oleh para ilmuwan.. jadi bukan supernatural nih..




Lucid Dream sendiri dapat dibedakan dari cara terjadinya, yaitu:

1. Dream-Initiated Lucid Dream (DILD) : Dimulai dari mimpi yang normal, kemudian di tengah-tengah mimpi, orang tersebut akan sadar bahwa dia bermimpi.

2. Wake-Initiated Lucid Dream (WILD) : Terjadi ketika seseorang dalam keadaan sadar memasuki kondisi tidur tanpa tiba-tiba.. jadi smooth gitu loh. sering kan kita tiba-tiba dari sadar langsung tertidur? hehe :)

3. Mnemonic-Initiated Lucid Dream (MILD): Nah yang ini terjadi ketika seseorang secara sadar menyatakan kepada dirinya bahwa dia akan mengalami "Lucid Dream" ketika ia tidur setelahnya. jadi yang ini terjadi secara sengaja .

Kalo ditanya buat apa sih Lucid Dream?
jawabannya buanyak banget. Salah satunya yaitu mengobati orang yang selalu bermimpi buruk. Kan banyak tuh orang yang sering mimpi buruk , nah Lucid Dream menjadi solusi buat orang-orang yang "terlalu" sering mimpi buruk. :)

Jadi anda bisa membuat dunia sendiri yang tak terbatas. Bisa seperti dunia Harry Potter, Matrix, Terbang mengelilingi dunia, Terserah deh.

Nah setelah saya googling, ternyata ada caranya bagaimana kita bisa merasakan Lucid Dream..

1. Ingat-ingat mimpi anda

Mengingat mimpi sering dideskripsikan sebagai langkah pertama untuk menguasai Lucid Dream. Dengan mengingat mimpi, maka seseorang dapat meningkatkan kesadarannya tentang mimpi secara umum. Caranya gampang , setiap km bangun dari tidur, langsung aja dicatet di notebook, hape, bb, atau apalah tentang mimpi km biar keinget-inget terus. Atau bahasa kerennya, bikin Dream Journal anda sendiri. Rada repot yah ? hehehe.

2. Stephen Laberge's MILD Technique
Salah satu cara gampang dari MILD technique ini adalah dengan menghitung jari anda SECARA SADAR SEBELUM TIDUR. Jadi itung jari anda dari 1-10 secara sadar dan mencapai jumlah yang benar (alias 10 hehe). Kalo ini dilakukan sering2 sewaktu anda sadar, kebiasaan ini akan tertular sewaktu anda mimpi dan dengan demikian anda akan sadar bahwa anda sedang bermimpi. Maka mimpi anda menjadi Lucid

Cara lainnya adalah anda mengingat-ingat point tertentu ketika anda sedang bermimpi. Ketika anda melihat keanehan, misalnya ada orang berkepala dua lagi jogging dan anda terbangun, maka ingat2 lagi orang berkepala dua tersebut sambil berusaha kembali tidur. Niscaya anda akan kembali ke scene yang sama di mimpi tersebut.

3. Reality Testing
Reality Test adalah metode yang digunakan orang untuk mengetahui apakah ia lagi mimpi atau tidak. Caranya adalah dengan melakukan sebuah aktivitas pada saat orang tersebut sadar dan hasil dari aktivitas tersebut biasanya akan berbeda ketika orang tersebut sedang mimpi. Apa aja nih reality testnya?

a. Coba pencet idung anda sambil mencoba bernapas. Kalo anda masih bisa bernapas padahal idung anda udah dipencet, berarti lagi mimpi. :p
b. Metode lainnya adalah dengan melihat Teks seperti Digital Clock, Road Sign, kemudian melihat arah lain secara sekilas kemudian melihat Teks tadi lagi. (Tentu saja ini dilakukan sewaktu anda mimpi ) Nah kalau anda lagi mimpi, biasanya Teks tersebut akan berubah dan anda sadar bahwa anda sedang bermimpi.
c. Liat cermin ! Kalo lagi mimpi biasanya bayangan anda di cermin ga jelas (blurry), bayangan anda berbeda(incorrect), bayangan anda berubah (distorted), atau bahkan yang di cermin tuh setan , alias nyeremin (frightening). Kalo ini harus hati-hati ... bisa-bisa malah lanjut jadi nightmare
d. Cara paling standar ya Nyubit diri sendiri ! atau dengan cara mendorong jari anda ke telapak tangan. Kalo tembus, ya lagi mimpi.
e. Coba nyender ke dinding. Kalo lagi mimpi, biasanya juga tembus .. hahahaha.
f. Tanya orang-orang di sekitar anda "Apakah saya sedang bermimpi?" Kalo lagi mimpi sih, biasanya mereka jawab "Enggak, lo ga lagi mimpi kok". hahaha dasar pembohong. :D
g. dan masih banyak cara Reality Check lainnya seperti, menyala-matikan switch lampu, ngeliat jari tangan di satu tangan (klo lebih/kurang dari 5, ya lagi mimpi )

NAh biasanya kalo udah sadar bahwa anda sedang bermimpi, biasanya kan langsung bangun tuh . Ini ada beberapa cara mencegahnya. Yang pertama adalah, Putar tubuh anda dalam mimpi tersebut. dan yang kedua, saling menggosokkan kedua tangan anda. Kedua langkah ini dipercaya dapat memperpanjang mimpi seseorang.


Asik Ya..
haha ~

mrgreen


Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Lucid_dream , http://health.howstuffworks.com/lucid-dreaming.htm , http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2534120

0 komentar:

Posting Komentar